|
Sekretariat Jenderal KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Kilas informasi (0) :

Kementerian PUPR Gelar Teknologi Informasi dan Komunikasi Expo 2016

Kementerian PUPR Gelar Teknologi Informasi dan Komunikasi Expo 2016

Kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) sangat pesat. Hal ini akan memberikan peluang dalam pengelolaan data dan informasi yang cepat dan akurat agar dapat memberikan manfaat kepada kementerian di dalam mendukung dan pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. TIK juga menjadi salah satu solusi dalam membangun tata kelola pemerintahan yang lebih efektif, efisien, dan transparan dengan memanfaatkan TIK.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Anita Firmanti mewakili Menteri PUPR pada pembukaan acara Teknologi Informasi dan Komunikasi Expo 2016 yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR, Kamis (17/11). 

“Saya menyambut baik penyelenggaraan TIK Expo di Kementerian PUPR. Melalui acara ini diharapkan kita semua dapat mengetahui pemanfaatan TIK oleh seluruh unit organisasi di Kementerian PUPR termasuk aplikasi yang sudah dikembangkan dan dibangun. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita dan menambah wawasan terkait pengembangan dan pemanfaatan TIK sehingga dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas,” ujar Anita.

Untuk mendukung TIK, telah ditetapkan Peraturan Menteri PUPR No. 17/PRT/M/2016 tentang penyelenggaraan TIK di Kementerian PUPR. Dengan demikian, diharapkan terwujudnya suatu kesamaan pemahaman dan keterpaduan langkah dalam mengkoordinasikan kebutuhan data dan informasi antara Pusdatin dan seluruh unit pengelola TIK di Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR sendiri  telah mendapat beberapa penghargaan terkait TIK baik dari dalam maupun dari luar negeri, diantaranya Peringkat lima besar dalam empat tahun terakhir pada pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) yang diselenggarakan olehh Kementerian Komunikasi dan Informatika; Penghargaan e-Procurement Award kategori Leadership dalam e-Government yang diselenggarakan oleh LKPP; Penghargaan Inovasi  Layanan TIK untuk Layanan Virtual Private Server yang diselenggarakan oleh majalah Open Gov Singapura tahun 2014; Penghargaan Bhumandala Award atas prestasi penerapan Simpul Jaringan Terbaik kategori Kementerian/Lembaga tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial; dan Penghargaan National Procurement Award 2016 kategori Kementerian/Lembaga yang diselenggarakan oleh LKPP.

Kepala Pusdatin Kemas Nur Asikin mengatakan TIK telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita saat ini. Pemanfaatan TIK di Kementerian PUPR juga telah mencakup hampir seluruh aspek dalam pelaksanaan tugas kementerian. “Atas dasar itu, kami berinisiatif menyelenggarakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Expo di Kementerian PUPR Tahun 2016. Acara ini diselenggarakan tanggal 17-18 November 2016,” tutur Rema.

Adapun rangkaian kegiatan dalam Expo tersebut yaitu Pameran TIK yang terdiri dari 22 booth dari internal dan eksternal Kementerian PUPR. Masing-masing booth menampilkan hasil pengembangan TIK di Pusdatin dan unit kerja di Kementerian PUPR serta produk-produk TIK terkini yang terdapat di pasaran saat ini. Acara dihadiri pembicara dari Lembaga Sandi Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Kominfo dan undangan dari seluruh unit kerja di Kementerian PUPR.

Menurutnya Pusdatin akan menlayani kebutuhan TIK di lingkungan Kementerian PUPR. Pusdatin juga akan berkoordinasi dengan unit-unit kerja. Dengan demikian, semua unit di Kementerian PUPR mengetahui antara teknologi dan pengguna (user). Nantinya, Pengelola TIK di unit-unit kerja hanya melakukan business process agar aplikasi yang dibuat masing-masing unit terpelihara, seragam dan matang. (ind)

Berita Terkait :

© copyright 2015, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd