|

 

Biro Pengelolaan BMN dan Layanan Pengadaan merupakan Unit Eselon II di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR yang memiliki Visi dan Misi :

Visi : " Terwujudnya Tertib Pengelolaan BMN dan Layanan Pengadaan yang Akuntabel."

MIsi :

1. Mewujudkan optimalisasi pengelolaan kekayaan negara di lingkungan Kementerian PUPR melalui :
a. Pengembangan regulasi dan sistem informasi yang handal;
b. Pengelolaan BMN yang akuntabel , efektif dan efisien;.
c. Peningkatan perkuatan hak atas BMN .
2. Mewujudkan Layanan pengadaan yang kredibel melalui :
a. Pengembangan standar dan pedoman penyelenggaraan pengadaan barang / jasa;
b. Pencegahan penyimpangan yang terjadi dalam proses Pengadaan Barang / Jasa;
c. Sistem monitoring, evaluasi, dan pelaporan pengadaan barang / jasa yang andal.

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, kemudian ditetapkan Tujuan dan Sasaran yang akan dicapai sebagai berikut :

Tujuan
1. Meningkatkan Kualitas Pengelolaan BMN yang Akuntabel, Efektif, dan Efisien, serta
Tertib Administrasi, Fisik, dan Hukum.
2. Meningkatkan Layanan Pengadaan yang Transparan dan Akuntabel

Sasaran
” Meningkatnya Tertib Pengelolaan BMN dan Layanan Pengadaan yang akuntabel ”.
Pencapaian sasaran diukur berdasarkan Indikator Program (indicator outcome) yang diemban yaitu “Opini WTP” dan target kinerja diukur dengan Indikator Kinerja Utama (IKU): “Tersedianya Laporan BMN Yang Mendukung Opini WTP Terhadap LK Kementerian PUPR”.

Untuk menjelaskan  peran keterkaitan antar Unit Eselon III pada Biro Pengelolaan BMN dan LP dalam pencapaian target, maka dapat dilihat pada bagan ilustrasi Cascading Pengukuran Kinerja.