|
Sekretariat Jenderal KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Kilas informasi (0) :

Peluncuran Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Peluncuran Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), secara struktural merupakan Unit Kerja Eselon II di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dibentuk sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 15/PRT/M/2015. Pusat Data dan Teknologi Informasi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengembangan, pengelolaan, penyediaan data dan teknologi informasi serta penyelenggaraan sistem informasi dalam mendukung manajemen Kementerian.

Diberlakukannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 17 Tahun 2016 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pusat Data dan Teknologi Informasi berkewajiban melakukan pembinaan keterbukaan informasi yang ditayangkan pada website Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta mengatur Penataan Subdomain, Standar Website dan Tata Kelolanya.

Standar website yang berlaku di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  antara lain :

  1. Platform
  2. Server (konfigurasi) dan aksesibilitas
  3. Database
  4. Bahasa pemrograman
  5. Dapat diakses pada browser yang banyak digunakan
  6. Dapat digunakan pada gawai (peranti) yang banyak digunakan
  7. Mockup design web 
  8. Desain (layout, warna, teks, bahasa)
  9. Disediakan template untuk Unit Organisasi Es. I dan Unit Kerja Es. II
  10. Konten 
  11. Struktur menu dan isi web

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap data dan informasi di bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta dalam rangka melaksanakan tugasnya menyebarluaskan data dan informasi yang dimiliki, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui unit kerjanya telah membangun prasarana media penyampaian informasi yang dapat di akses secara luas oleh masyarakat yaitu internet atau yang disebut dengan PU-Net dalam tampilan baru yang lebih terstruktur.

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, khususnya internet telah banyak mengubah berbagai aktivitas manusia. Perangkat internet seperti website, e-mail, dll, hampir merupakan perangkat yang biasa untuk sebagian masyarakat luas. Pemberitaan tentang perkembangan suatu website menjadi hal biasa yang sering kita dengar atau baca di media masa.

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, pembuatan suatu website bagi suatu institusi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Seiring dengan perkembangan tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perlu menyampaikan informasi tentang tugas, fungsi serta seluruh kegiatannya baik yang telah dicapai maupun yang masih direncanakan kepada masyarakat melalui media internet tersebut (PU-net).

Kegiatan  Peluncuran Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini merupakan bagian dari program pembinaan pengelolaan sistem informasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2017.

Pelaksanaan Kegiatan Peluncuran Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diselenggarakan di D’Anaya Hotel, Bogor pada tanggal 7 Desember 2017. Kegiatan diawali dengan registrasi peserta, kemudian masuk pada rangkaian acara, pembacaan laporan kegiatan oleh Ibu Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Portal web (ibu Dewi Indriyati S.T, M.T.I). Acara   dihadiri oleh Bagian Hukum dan Komunikasi Publik - Sekretariat Inspektorat Jenderal, Badan Penelitian dan Pengembangan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan, BWS Sumatera V, Inspektorat Jenderal, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengawas Jalan Tol, Biro Keuangan, Biro Barang Milik Negara dan Layanan Pengadaan, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Luar Negeri, Biro Organisasi dan Tata Laksana, dan BPPSPAM.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi. Pada pidatonya, bapak Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi menyampaikan bahwa informasi telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Hal ini telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, penyampaian informasi pun telah semakin beragam medianya. Website merupakan salah satu sarana penyampaian informasi.

Pusdatin, selaku Pembina Website di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, telah mengembangkan Portal Web Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atau yang lebih dikenal sebagai PU-Net, sejak tahun 1996. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan informasi yang semakin meningkat, Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun turut mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Adapun perubahan terakhir yang cukup besar pada Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dilakukan tahun 2014. ntuk memfasilitasi masukan dari berbagai pihak terkait dan sebagai bentuk penyegaran terhadap Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tahun 2017 ini, Pusdatin kembali melakukan perubahan pada Portal Web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Perubahan ini dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek, di antaranya adalah informasi yang akan disampaikan, target pengunjung, dan aturan yang berlaku.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dan Piagam Penghargaan oleh Bapak Kepala Pusat Data dan teknologi Informasi kepada Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah sebagai Website dengan Tata Kelola Terbaik kategori Unit Organisasi dan kepada BWS Sumatera V sebagai Website dengan Tata Kelola Terbaik kategori Unit Kerja. Kemudian dilanjutkan dengan foto dengan para penerima penghargaan dan seluruh peserta kegiatan.

Berikutnya adalah paparan narasumber yang merupakan Tim Penilai Independen pada Lomba Tata Kelola Website Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, menyampaikan tentang perubahan desain website Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait dengan arsitektur web desain, kualitas konten yang terdiri dari lamanya pengunjung mengunjungi situs, bahasa yang mudah dipahami, dan kualitas gambar dan video. Pembahasan dilanjutkan dengan bedah website baru Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang menjelaskan secara rinci susunan pada halaman beranda, unit organisasi dan unit kerja.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan Hasil Lomba Konten Dan Tata Kelola (KOTAK) Website 2017. Narasumber menjelaskan yang dinilai dari website dalam lomba KOTAK antara lain: Arsitektur Web Desain (30%, 8 kriteria), Desain antarmuka (15%, 5 kriteria), Tata Kelola (40%, 12 kriteria), Keamanan (10%, 2 kriteria), Search Engine Optimization (5%, 2 kriteria). Terdapat juga prosentasi peraturan (10%) dimana website yang dinilai wajib mengikuti Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain, serta Peraturan Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 17/PRT/M/2016 tentang Penyelenggaraan TIK.

Acara berikutnya adalah paparan dari BWS Sumatera V dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah. Narasumber berbagi tips dan pengalaman dalam mengelola websitenya masing-masing. Hal-hal yang harus dilakukan untuk dapat menjadi yang terbaik dalam tata kelola website, antara lain:

  • Koordinasi terkait infrastruktur yang sesuai dengan standarisasi dan kebutuhan;
  • Koordinasi terkait pemilihan platform yang sesuai dengan system informasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  • Konsultasi terkait sistematika pengelolaan website;
  • Koordinasi terkait template tampilan website unit organisasi dan unit kerja;
  • Koordinasi terkait keamanan infrastruktur website.
  • Koordinasi dengan bagian Hukum, Kerjasama dan Layanan Informasi (Humas) terkait pengelolaan konten berita dan publikasi;
  • Melakukan koordinasi dengan administrator pusat terkait produk yang akan ditampilkan.
  • Mengevaluasi saran dan pengaduan.

Narasumber juga menyampaikan bahwa website BWS Sumatera V dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah sudah disesuaikan dengan Permen Nomor 17/PRT/M/2016, di mana peraturan tersebut mengantur tentang nama domain, penyesuaikan platform, konten yang wajib tersedia di website antara lain: profil, struktur organisasi, produk, publikasi, berita, galeri, dan layanan informasi publik. Peraturan Menteri ini juga mengatur tentang ketersediaan menu navigasi untuk kembali ke portal web Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Net), Peta situs, fasilitas pencari, kontak, footer dan hak cipta. Penyesuaian tata letak pun juga disesuaikan dengan website Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sesuai dengan standar yang diatur pada Template Website terbaru.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan  tanya jawab dari para peserta, antara lain:

  • Optimalisasi kekerabatan pengelola data dan informasi khususnya website di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  • Sebaiknya daftar aplikasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  • Tersedianya Katalog Data di dalam Data Warehouse;
  • Meningkatkan keakuratan data pada aplikasi E-monitoring.

Akhir acara ditutup oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi Informasi, dengan harapan agar kegiatan ini dapat menambah wawasan serta informasi kepada peserta agar ke depannya dapat lebih baik dalam mengelola website unit organisasi dan unit kerjanya masing-masing.

Berita Terkait :

© copyright 2015, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd