Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Pelayanan Kenaikan Pangkat PNS Kementerian PUPR Periode April 2019


Sabtu, 09 Februari 2019, Dilihat 652 kali

Pelayanan Kenaikan Pangkat PNS di Kementerian PUPR didasari oleh Surat Sekretaris Jenderal Nomor: KP.03.04-SJ/47 yang didalamnya menetapkan tentang Periodisasi Proses Kenaikan Pangkat PNS. Sebagai tindak lanjut dari surat tersebut, Biro Kepegawaian dan Ortala melakukan pelayanan KP PNS Periode April 2019 bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan menyelenggarakan Rekonsiliasi Data Nominatif Usul Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2019 yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 29-30 Januari 2019. Dalam proses pelayanan kenaikan pangkat PNS ini, terdapat 2 tahap awal yang harus dilakukan yaitu Rekonsiliasi dan Integrasi Data, serta 1 tahap akhir yaitu Validasi Data.

Kepala Bagian Mutasi, Dedy Ekawinata menyampaikan bahwa Kenaikan Pangkat PNS bukan hak melainkan sebuah penghargaan yang diberikan kepada PNS yang telah menujukkan kinerja yang baik yang terukur. Kegiatan rekonsiliasi data ini diikuti oleh Pejabat/Pelaksana selaku Pengelola Kepegawaian dalam hal ini Verifikator e-HRM Level I dan II pada Unit Kerja dan Unit Organisasi Kementerian PUPR.

Sampai akhir pelaksanaan kegiatan telah tercapai 73% usulan kenaikan pangkat reguler yang sudah diinput ke dalam aplikasi e-HRM. Total PNS yang diusulkan untuk mendapat Kenaikan Pangkat Reguler pada periode 1 April 2018 sejumlah 4.915 PNS. Terdapat beberapa kendala dalam proses rekonsiliasi data ini, diantaranya SKP 2018, Sertifikat Ujian KPPI/ Ujian Dinas, serta PAK yang belum diterbitkan. Kelengkapan berkas yang belum tersedia tersebut sudah harus disampaikan paling lambat minggu ke-2 bulan Februari.

“Target kita pada periode 1 April 2019 ini, semua SK Kenaikan Pangkat sudah selesai diterbitkan per tanggal 10 Maret 2019”, demikian penjelasan Kepala Bagian Mutasi pada akhir sesi. (HERI TRISNA RISANTA, A.Md)