Slide 1

Berita Sekretariat Jenderal > Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2020 oleh Pusdatin


Selasa, 03 September 2019, Dilihat 88 kali

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 136/PMK.02/2014 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan kegiatan penelitian dan reviu RKA-K/L pagu anggaran Tahun 2020, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran K/L. Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) baru pertama kali ikut meneliti RKA-K/L pada kegiatan tersebut, dengan maksud untuk membantu memberikan arahan dan pengendalian penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) baik perangkat keras, perangkat lunak dan data, juga terkait kebencanaan, dengan tujuan untuk mendukung kebijakan Satu Data, Satu Peta dan Satu Referensi menuju efektivitas pembangunan infrastruktur PUPR.

Kegiatan penelitian dan reviu RKA-K/L pagu anggaran TA. 2020 Kementerian PUPR ini dilaksanakan bertahap di 3 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juli 2019 di IPB Convention Hotel, Botani Square Bogor, gelombang kedua tanggal 18-19 Juli 2019 di Hotel Grand Kemang, Jakarta dan gelombang 3 dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2019 di Hotel Allium, Tangerang. Kegiatan ini diikuti oleh 11 Unit Organisasi Kementerian PUPR dengan 640 Satuan Kerja.

Acara kegiatan dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, ibu Prof(R) Dr. Ir. Anita Firmanti Eko Susetyowati, M.T., dalam sambutannya, beliau menyampaikan arahan tentang pemanfaatan penyesuaian anggaran pada pagu anggaran TA. 2020 dan kebijakan umum belanja K/L sesuai arahan Presiden dalam sidang kabinet RAPBN 2020 serta penyampaian arahan bapak Menteri PUPR yang salah satunya adalah program dan kegiatan harus fokus dan berdampak langsung dengan ekonomi rakyat.  Acara dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber : Sekretaris Inspektorat Jenderal, Kepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerjasama Luar Negeri, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara, Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala serta Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi. Dalam acara ini Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi menyampaikan paparan terkait Satu Data, Satu Peta dan Satu Referensi menuju efektivitas pembangunan infrastruktur PUPR.

Paparan Kepala Pusdatin, Ir. Nicodemus Daud, M. Si

 

Dilakukan penelitian terhadap paket-paket kegiatan tahun 2020 yang terkait TIK dan kebencanaan. Hal itu sehubungan dengan tugas dan fungsi Pusdatin sebagai pembina dan pengelola data, teknologi informasi dan manajemen bencana sekaligus sebagai implementasi  Peraturan Menteri PUPR nomor 17/PRT/M/2016 Tentang Penyelenggaraan TIK. Adapun fokus penelitian Pusdatin adalah :

  • Pengadaan perangkat keras seperti server, komputer dan perangkat jaringan (hub/switch/router/acces point/fiber optic) diteliti untuk menjaga kompatibilitas perangkat keras sehingga tidak menimbulkan gangguan pada infrastruktur TIK yang sudah ada.
  • Pengadaan perangkat lunak seperti paket aplikasi dan lisensi diteliti terkait dapat dipergunakan secara bersama.
  • Pengadaan konsultansi TIK seperti kajian TIK, pengembangan sistem informasi dan pengumpulan data, diteliti agar tidak terjadi kajian yang duplikasi dan pengembangan sistem informasi yang tidak menerapkan API web service.
  • Pengadaan penunjang TIK lainnya seperti sewa bandwidth, internet, collocation, hosting aplikasi dan pemeliharaan perangkat keras diteliti agar unit kerja yang ada di kantor pusat Kementerian PUPR tidak mengadakan sewa bandwidth atau internet dan hosting aplikasi diluar Data Center Kementerian PUPR.
  • Pengadaaan kajian dan sistem informasi kebencanaan diteliti dan dicatat untuk dilakukan inventaris sebagai masukan, guna pengembangan sistem informasi kebencanaan Kementerian PUPR.

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang I

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang I

 

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang II

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang II

 

Penelitian dan reviu RKA-K/L sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 136/PMK.02/2014, bertujuan untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran RKA-K/L yang disusun sebelum disampaikan kepada APIP K/L, dimana fokus penelitian terkait konsistensi pencantuman sasaran kinerja meliputi volume keluaran (output) kegiatan dan indikator kinerja kegiatan dalam RKA-K/L sesuai dengan Renja K/L dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), kesesuaian total pagu dalam RKA-K/L dengan pagu anggaran atau alokasi anggaran, kesesuaian sumber dana yang ditetapkan dalam pagu anggaran atau alokasi anggaran, kepatuhan dan ketetapan penandaan anggaran pada level keluaran (output) kegiatan dan kelengkapan dokumen pendukung RKA-K/L (RKA Satker, TOR/RAB, dokumen lainnya).

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang III

Kegiatan Penelitian dan Reviu RKA-K/L 2020 Gelombang III

Kedepannya Pusdatin akan terus ikut dalam kegiatan penelitian RKA-K/L agar penyelenggaraan data dan TIK di Kementerian PUPR menjadi lebih baik lagi dan terwujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam meningkatkan layanan publik yang efektif dan efisien. (Adi Surya)