Berita Terkini
Pesat
1 21 August 2019 05:21 AM

Sosialisasi Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor, 211/PB/2018 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada Bagan Akun Standar

    

nasum2

Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR memberikan arahan

Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018 Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Bagan Akun Standar, Biro Keuangan, Sekretariat Jenderal melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor, 211/PB/2018 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada Bagan Akun Standar. Pelaksanaan sosialisasi  bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal, Kementerian PUPR Gedung Menteri Lantai 3.

Kegiatan yang dihadiri oleh para pengelola keuangan sebanyak 55 orang, peserta merupakan perwakilan dari masing masing UNOR dilingkungan Kementerian PUPR. Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Keuangan, Bpk Praptomo Widodo, Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana informasi dan pengetahuan agar dalam pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban hingga pelaporan keuangan pemakaian akun dengan tepat. Dan diharapkan dalam perencanaan anggaran penggunaan akun betuk betul sudah tepat sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak berdampak adanya revisi yang berulang ulang.  “Dengan pengetahuan tentang Bagan Akun Standar yang tepat sesuai kebutuhan, maka dapat meminimalisir terjadi revisi atau kesalahan. Oleh sebab itu, sosialisasi ini hendaknya dipahami dan penting dalam menyusun program kegiatan untuk setiap tahunnya,” ungkap Kepala Biro Keuangan.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan (Bpk Zulfikar Aragani) Dimoderatori oleh Kabag Pembinaan dan Informasi Pengelolaan Keuangan Bpk. Indra Pramukti Sigit. Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan materi tentang Bagan Akun Standar (BAS) berdasarkan PMK No 214/PMK.05/2013 tentang Bagan Akun Standar dan Kepdirjen Perbendaharaan No.KEP-211/PB/2018 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada Bagan Akun Standar.

Pada acara sosialisasi ini narasumber  menyampaikan perubahan pokok akun-akun dalam Kepdirjen Perbendaharaan Nomor Kep-211/PB/2018 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada Bagan Akun Standar antara lain:

  1. Pemutakhiran Akun Pendapatan Penerimaan Bukan Pajak (42), dimana di dalamnya terdapat perubahan dari kode akun Pendapatan PNBP Lainnya (423 dinonaktifkan) menjadi kode akun Pendapatan PNBP Lainnya (425) dan digunakan mulai Januari 2018. 
  2. Pemutakhiran Akun Terkait Bantuan Pemerintah.
  3. Penambahan Akun Belanja Asuransi BMN.
  4. Penambahan Akun Tunjangan Sertifikasi Guru Besar/Dosen TNI/Polri.
  5. Pemutakhiran nomenklatur uraian/penjelasan akun-akun lainnya.

sosialisasi1

Peserta Sosialisasi

tanya1

Sesi tanya-jawab

Dapatkan berita dari kami

Mendaftar untuk mendapat berita kegiatan Biro Keuangan PUPR.

About Us

Biro Keuangan Milik Bersama