Berita Terkini
Pesat
1 17 June 2019 10:11 AM

Peserta Pembekalan CPNS PKN STAN Bidang Keuangan 2019

pembukaan111

Sambutan Kepala Biro Keuangan, Sekreatriat Jenderal Kementerian PUPR

Jakarta (03/01) – Kepala Biro Keuangan membuka acara pembekalan Bidang Keuangan bagi para Calaon Pegawai Negeri Sipil lulusan PKN STAN yang ditempatkan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pembekalan ini dilakukan selama kurang lebih 1 bulan penuh, mulai tanggal 3 Januari sampai tanggal 6 Februari 2019, yang dilaksanakan di Balai Diklat III Jakarta.

Dalam sambutannya kepala Biro Keuangan menyampaikan Bahwa Penyelenggaraan Pembekalan CPNS Bidang Keuangan ini dimaksudkan untuk meingkatkan pengetahuan dan mempersiapkan para CPNS PKN STAN sebagai Pengelola Keuangan Negara dalam rangka meningkatkan kepatuhan terhadap perundang – undangan serta mewujudkan tertib administrasi pelaksanaan anggaran sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku, serta pembekalan materi tentang keuangan sesuai dengan Siklus APBN yaitu mulai dari Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, sampai dengan Pelaporan Anggaran. Saya berharap, dengan pembekalan ini, Saudara lebih siap dalam menghadapi tantangan pengelolaan keuangan negara yang dituntut lebih akuntabel dan transparan.

pembukaan222

Peserta Pembekalan CPNS PKN STAN Bidang Keuangan

 

Juga disampaikan oleh Kepala Biro Keuangan bahwa Kementerian Keuangan dengan 26 Kementerian/Lembaga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) penempatan lulusan PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Tahun 2018.

Berdasarkan Nota Kesepahaman tersebut Kementerian PUPR mendapatkan 34 orang CPNS lulusan PKN STAN yang ke depannya akan menduduki jabatan fungsional Pranata Keuangan APBN. Sesuai dengan Permenpan Nomor 54 Tahun 2018 tanggal 21 September 2018 tentang Jabatan Fungsional Pranata Keuangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara, seorang pejabat fungsional pranata keuangan APBN mempunyai tugas untuk melaksanakan kegiatan yang meliputi:  perikatan dan penyelesaian tagihan; pelaksanaan perintah pembayaran; kebendaharaan; pengelolaan administrasi belanja pegawai; dan penyiapan analisis laporan keuangan instansi.

indonesiaraya41

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

diskusi41

Pemaparan Materi oleh Narasumber

TANYAJAWAB31

Sesi Tanya - Jawab

Dapatkan berita dari kami

Mendaftar untuk mendapat berita kegiatan Biro Keuangan PUPR.

About Us

Biro Keuangan Milik Bersama