Berita Terkini
Pesat
1 20 October 2019 05:07 AM

Program Pengelolaan Keuangan Satker (PESAT) Selasa, 31 Januari 2017

Jakarta - Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan serta memberikan informasi dan gambaran utuh mengenai pelaksanaan anggaran di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Biro Keuangan menyelenggarakan Program Pengelolaan Keuangan Satker (PESAT) yang merupakan upaya untuk mempercepat para peserta mengikuti kegiatan - kegiatan Biro Keuangan secara online pada hari Selasa, 31 Januari 2017 di Ruang Rapat Biro Keuangan. 

 

Pelaksanaan Kegiatan ini dihadiri oleh 20 Kepala Satker atau Pejabat Pembuat Komitmen di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. Satker yang menghadiri kegiatan ini antara lain Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Prov. Kalbar, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. NTB, Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Nusa Tenggara I, Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Nusa Tenggara I, Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Prov. Sulawesi Tenggara, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Prov. Sulawesi Utara dan Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Prov. Sulawesi Utara.

Bapak Raden Umam selaku Plt.Kepala Biro Keuangan, dalam sambutannya menyampaikan arahan dalam penyusunan Laporan Keuangan terdapat tantangan yang tidak ringan. Laporan Keuangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2015 mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK. Penyelesaian Tindak Lanjut Temuan BPK, Penggunaan Akun yang Tepat dalam Penganggaran dan Penatausahaan Aset serta Persediaan masih menjadi tantangan yang harus kita hadapi selain pelaksanaan E-Rekon dalam Penyusunan Laporan Keuangan. Hal ini menjadi tanggungjawab kita bersama, oleh karenanya dibutuhkan komitmen yang tinggi dari para Kepala Satker agar permasalahan yang terjadi dapat dihindari dan dituntaskan sehingga kualitas Laporan Keuangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meningkat dan mendapatkan Opini yang terbaik dari BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dalam acara ini, bertindak sebagai penyaji materi adalah Bambang Adhityo selaku Kasubbbag Bimbingan Penganggaran dan Akuntansi. Penyaji memberikan penjelasan mengenai ketentuan-ketentuan baru yang terkait dengan penganggaran, pelaksanaan anggaran dan pelaporan. Di samping itu, dalam kegiatan ini terjadi interaksi yang baik antara penyaji dan peserta kegiatan sehingga permasalahan – permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan anggaran satker dapat diidentifikasi sehingga di masa yang akan datang diharapkan tidak terulang kembali.

Program Pengelolaan Keuangan Satker (PESAT) Biro Keuangan merupakan forum antara Pengelola Keuangan Satker dan Biro Keuangan, dimana Biro Keuangan merupakan Pusat PEdoman SATker, PEmbinaan SATker, PEnatausahaan SATker dan PElaporan SATker dalam Pengelolaan Keuangan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.Dengan adanya Program PESAT ini, peserta diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama dan mendalam mengenai proses penganggaran, pencairan dan pelaporan serta memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Satker masing – masing sehingga meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran satker dan berdampak positif terhadap kualitas laporan keuangan Satker.

Dapatkan berita dari kami

Mendaftar untuk mendapat berita kegiatan Biro Keuangan PUPR.

Kontak Kami

Biro Keuangan - Sekretariat Jenderal

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Gedung Utama Lantai 6, Jln.Pattimura No 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Telp./Fax. (021) 72788887 - WA. 081210500080 

Email : pesat.pupr@gmail.com