Tugas & Fungsi

Berdasarkan Permen PUPR No. 15/PRT/M/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Biro Keuangan adalah salah satu unit eselon II yang berada di lingkungan Sekretariat Jenderal. Tugas dan fungsi Biro Keuangan dilaksanakan oleh 4 (empat) bagian, yaitu Bagian Tata Laksana Keuangan dan Umum, Bagian Pembinaan dan Informasi Pengelolaan Keuangan, Bagian Perbendaharaan, dan Bagian Evaluasi dan Pelaporan Keuangan. Setiap bagian mempunyai 3 (tiga) Subbagian yang melaksanakan sebagian tugas dari masing-masing bagian.
Tugas pokok Biro Keuangan berdasarkan Permen tersebut adalah untuk melaksanakan pembinaan dan penyusunan tata laksana keuangan, perbendaharaan, akuntansi, penatausahaan Pendapatan Negara Bukan Pajak dan Badan Layanan Umum, Laporan Keuangan Kementerian serta penetapan pejabat perbendaharaan satuan kerja.
 
Adapun untuk melaksanakan tugas tersebut, Biro Keuangan menyelenggarakan beberapa fungsi :
 
  1. pembinaan tata laksana keuangan dan perbendaharaan;
  2. pembinaan dan pelaksanaan sistem akuntansi ;
  3. pembinaan penatausahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Badan Layanan Umum;
  4. penyusunan tata laksana keuangan dan sistem akuntansi;
  5. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pengelolaan keuangan;
  6. pembinaan dan penatausahaan penetapan pejabat perbendaharaan satuan kerja;
  7. penatausahaan hasil pemeriksaan;
  8. penyusunan laporan keuangan Sekretariat Jenderal;
  9. penyusunan laporan keuangan Kementerian;
  10. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga biro.