Manfaatkan Program Pembiayaan Perumahan BP Tapera Khusus PNS

2 months ago

Manfaatkan Program Pembiayaan Perumahan BP Tapera Khusus PNS

TAPERA - Tabungan Perumahan Rakyat

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) pada tahun 2021 ini meluncurkan program khusus bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk kebutuhan renovasi, pemilikan dan pembangunan rumah yang mudah dan murah. Setiap PNS dapat memanfaatkan program berikut:

  1. Renovasi Rumah (Kredit Renovasi Rumah / KRR)
    Suku bunga mulai 5%, cicilan tetap sampai lunas, jangka waktu maksimal 5 tahun.
  2. Kepemilikan Rumah (Kredit Pemilikan Rumah / KPR)
    Uang muka hingga 0%, suku bunga mulai 5%, cicilan tetap sampai lunas, jangka waktu maksimal 30 tahun.
  3. Pembangunan Rumah (Kredit Pembangunan Rumah / KBR)
    Suku bunga mulai 5%, cicilan tetap sampai lunas, jangka waktu maksimal 15 tahun.

Adapun peserta yang ingin memanfaatkan program pembiayaan perumahan melalui dana Tapera, harus memenuhi syarat berikut ini:


  1. Penghasilan bersih maksimal Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) per bulan dan khusus untuk Papua dan Papua Barat berpenghasilan bersih Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per bulan.

  2. Belum memiliki rumah dapat memanfaatkan program pemilikan rumah atau pembangunan rumah di atas milik sendiri atau pasangan.

  3. Peserta Tapera yang telah memiliki rumah dapat memanfaatkan program perbaikan/renovasi rumah.



 

Untuk mengikuti program ini, setelah menyiapkan data lokasi rumah, PNS dapat langsung menghubungi Bank BTN terdekat untuk mengajukan permohonan dan pemeriksaan data pendukung yang diantaranya pengecekan SLIK, verifikasi data dan analisis kelaikan hingga nantinya pihak BTN akan menghubungi kembali.

BP Tapera kini juga menghadirkan layanan cek saldo bagi peserta melalui portal kepesertaan Sitara yakni peserta.tapera.go.id. Peserta yang dapat mengecek saldo ini merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berstatus aktif pada Agustus 2020. Untuk memanfaatkan layanan ini, PNS meregistrasi diri dengan mengisi data pribadi yang sudah didaftarkan sebelumnya oleh masing-masing instansi.

Untuk informasi lebih lanjut melalui laman www.tapera.go.id. (eK)