Slide 1

Berita Pusdatin > Konsolidasi Peningkatan Kapasitas SDM Produksi Film Dokumenter Infrastruktur PUPR


Kamis, 23 Agustus 2018, Dilihat 212 kali

Balai Produksi dan Informasi Audio Visual (BPIAV) Surabaya merupakan satu-satunya balai yang berada di Indonesia yang memproduksi film tentang pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Pembangunan tersebut meliputi pembangunan jembatan, pembangunan rusunawa, bendungan, dan pembangunan lainnya. Saat ini BPIAV mulai melangkah untuk menjadikan yang awalnya sebuah filler menjadi film dokumenter. Film dokumenter ini meliputi beberapa pembangunan infrastruktur yang berada di Indonesia.  Dalam proses pembuatan film dokumenter tentang infrastruktur ini cukup memakan waktu, tenaga, dan pikiran. Dalam pra produksi, penguat dalam pembuatan film dokumenter ini adalah penulisan naskah karena penulisan naskah film dokumenter sendiri harus ditulis secara runtut dan sesuai dengan keadaan yang di lapangan. Pada saat kesampatan kali ini, Balai Produksi dan Informasi Audio Visual (BPIAV) mengadakan konsolidasi tentang peningkatan SDM produksi film dokumenter.

            Bertempat di Hotel Aria Gajayana Malang tanggal 8 – 10 Agustus 2018, seluruh pegawai BPIAV menghadiri acara Konsolidasi Peningkatan SDM Produksi Film Dokumenter tersebut. Dalam acara konsolidasi ini, dihadiri para narasumber yang sudah ahli dalam penulisan naskah maupun editing film dokumenter, para narasumber tersebut yaitu Drs. Oka Djauhari M, Si, Luhki Herwanayogi, Akhmad Fesdi Anggoro, dan Mohammad Abdurrahman Agosto. Masing-masing narasumber tersebut mempunyai keahlian dalam pembuatan film dokumenter. Dalam kurun waktu 3 hari, para peserta konsolidasi diberikan materi proses pembuatan film dokumenter dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Dalam konsolidasi ini, para peserta lebih difokuskan dalam pembuatan naskah film dokumenter, dikarenakan film dokumenter merupakan film yang sangat panjang dan harus runtut.

            Diharapkan dengan diadakannya Konsolidasi Peningkatan Kapasitas SDM Produksi Film Dokumenter Infrastruktur PUPR ini para pegawai di lingkup Balai Produksi dan Informasi Audio Visual lebih kreatif dan inovatif dalam menulis skenario film tentang film dokumenter.