Slide 1

Berita Pusdatin > Focus Group Discussion Peningkatan Fasilitas Portal Web dan Intranet Kementerian PUPR


Senin, 24 September 2018, Dilihat 86 kali

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, khususnya internet telah banyak mengubah berbagai aktivitas manusia. Perangkat internet seperti website, e-mail, dan lain-lain, hampir merupakan perangkat yang biasa untuk sebagian masyarakat luas. Pemberitaan tentang perkembangan suatu website menjadi hal biasa dan sering kita dengar atau baca di media massa. Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, pembuatan suatu website bagi suatu institusi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan. Seiring dengan perkembangan tersebut, Kementerian PUPR perlu menyampaikan informasi tentang tugas, fungsi serta seluruh kegiatannya baik yang telah dicapai maupun yang masih direncanakan kepada masyarakat melalui media website tersebut (PU-Net).

Publikasi informasi Kementerian PUPR perlu dilakukan guna menyebarluaskan informasi tersebut ke seluruh pelosok tanah air. Informasi tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Agar informasi yang disampaikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, diperlukan penataan media website tersebut secara baik dan terencana. Penataan dan perencanaan ini, termasuk di dalamnya penataan dan perencanaan terhadap PU-net.

Selain mengembangkan Portal Web Kementerian PUPR (PU-Net), Pusat Data dan Teknologi Informasi juga terus mengembangkan Intranet Kementerian PUPR. Intranet Kementerian PUPR merupakan salah satu media komunikasi bagi internal Kementerian PUPR. Intranet Kementerian PUPR diharapkan menjadi sarana penunjang bagi seluruh pegawai Kementerian PUPR dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Diharapkan berbagai aplikasi yang tersedia dan  hanya digunakan oleh internal Kementerian PUPR dapat diakses melalui Intranet Kementerian PUPR ini, di antaranya adalah e-office (Tata Naskah Dinas Elektronik) dan e-Absensi (Sistem Informasi Kehadiran Kementerian PUPR).

Pusat Data dan Teknologi Informasi menyelenggarakan Focus Group Discussion dalam rangka Peningkatan Fasilitas Portal Web dan Intranet di Kementerian PUPR pada tanggal 30 Agustus 2018 yang bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta Selatan. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan web service dari beberapa aplikasi yang akan diintegrasikan ke Portal Intranet kementerian PUPR

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan pengelolaan sistem informasi di lingkungan Kementerian PUPR yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2018. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Focus Group Discussion dengan mengundang peserta dari unit kerja terkait pemilik aplikasi antara lain Biro Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, Biro Hukum, Biro Komunikasi Publik, Inspektorat Jenderal, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pusat Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Julianti Handayani (Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Pusat Data dan Teknologi Informasi) sebagai Narasumber dan membuka serta memberikan arahan pada Kegiatan Focus Group Discussion, Ibu Eka Yulisuyanti,  S.Kom (Kepala Subbagian Data dan Dokumentasi Biro Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana) sebagai Narasumber yang menyampaikan API (Application Programming Interface) dari Aplikasi e-HRM untuk Mendukung Portal Intranet, Ibu Ir. Rima Amalia,  M.Si (Kepala Subbagian Informasi dan Dokumentasi Hukum, Biro Hukum) sebagai Narasumber yang menyampaikan Dokumentasi API JDIH, Wara Novella, SH, MM (Kepala Bagian Publikasi dan Perpustakaan, Biro Komunikasi Publik) sebagai Narasumber yang menyampaikan API Info Publik PUPR untuk Portal Intranet, Bapak Andhi Yudha Pratama,  S. Kom (Staf Subbagian Data dan Dokumentasi Biro Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi e-HRM untuk Mendukung Portal Intranet, Bapak Isnan Habibi Pulungan, A.Md (Staf Staf Kepala Subbag Pemantauan dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan, Inspektorat Jenderal) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi Inspektorat Jenderal (e-LP2P) untuk mendukung Portal Intranet,

Turut hadir pula narasumber dari pusat-pusat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia antara lain Bapak Pandu Sugara (Staf Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi di Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja untuk Mendukung Portal Intranet, Bapak Moch. Jimat Prihatin, A.Md (Staf Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi di Sekretariat BPSDM untuk Mendukung Portal Intranet, Bapak Sutarmin (Staf Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi di Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja untuk Mendukung Portal Intranet, Bapak Jajang Junaedi (Staf Pusat Pendidikan dan Latihan Menjabfung, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebagai Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi di Pusat Pendidikan dan Latihan Menjabfung untuk Mendukung Portal Intranet.

Dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Bapak Eukharisto Mandik, ST, MPA (Kepala Subbid Sistem Informasi, Pusat Data dan Teknologi Informasi) menjadi Narasumber yang menyampaikan API dari Aplikasi yang dikelola subbid Sistem Informasi (e-Absensi) untuk mendukung Portal Intranet, tenaga ahli Pusat Data dan Teknologi Informasi serta Ibu Dewi Indriyati, ST, M.T.I (Kepala Subbidang Penyelenggaraan Portal Web) sebagai moderator.

Diharapkan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat terwujud Portal Intranet Kementerian PUPR yang terkelola dengan baik dan benar sesuai dengan yang diharapkan, serta tercipta koordinasi antar unit dan aplikasi yang terintegrasi.