Slide 1

Berita Pusdatin > Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat


Kamis, 22 November 2018, Dilihat 331 kali

Foto Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik PUPR

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyelenggarakan Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang dilaksanakan pada tanggal 9 - 12 Oktober 2018 bertempat di Hotel Wyndham Opi Palembang-Sumatera Selatan, dengan mengundang pejabat pengawas dan staf teknis produsen data dari Unit-unit kerja Balai Wilayah Sungai dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional untuk provinsi-provinsi di Jawa dan Sumatera Bagian Selatan. 

Maksud yang ingin dicapai dalam kegiatan konsultasi teknis ini adalah untuk memetakan data lapangan yang diperoleh dari pengambilan gambar melalui foto udara dengan menggunakan drone menjadi peta tematik yang ter-layout sesuai dengan kaidah-kaidah pemetaan yang telah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 25/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Data dan Informasi Geospasial Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan data yang dihasilkan dapat ditampilkan dalam peta online/web map.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pemetaan di daerah melalui transfer teknologi informasi dan meningkatkan pemahaman tentang data spasial dan statistik, serta untuk meningkatkan kapabilitas pengolahan data spasial dan statistik bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat dari pihak-pihak terkait.           

Outcome dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman tentang data spasial serta kapabilitas pengolahan data spasial bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat oleh pihak-pihak terkait, yang dilakukan dengan cara mempertimbangkan perkembangan kegiatan pemetaan di daerah.

Pelaksanaan konsultasi pengolahan data ini dilakukan dalam bentuk workshop seminar, diskusi dan praktikum lapangan. Di samping itu untuk mendukung kebutuhan dan ketersediaan data peta tematik dan sistem informasi geografis (SIG) serta peningkatan kualitas konsultasi teknis yang diselenggarakan, setiap peserta diberikan kuesioner yang harus diisi dan diserahkan kembali ke penyelenggara.

Konsultasi Pengolahan Data Geospasial dan Statistik bidang PUPR diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta, masing-masing 2 (dua) orang peserta dari 21 Unit Kerja yang berasal dari lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pusat maupun daerah yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Palembang, BBWS Mesuji Sekampung-Lampung, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VI Jambi, BWS Sumatera VII Bengkulu, BBWS Cidanau Ciujung Cidurian, BBWS Ciliwung Cisadane, BBWS Citanduy, BBWS Sungai Cimanuk-Cisanggarung, BBWS Serayu Opak, Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Sumatera Selatan, Direktorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air, SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Bengawan Solo, SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Serayu Opak,  Balai Litbang Pantai-Bali, Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan,  P2JN Jambi, P2JN Jawa Tengah, P2JN DI Yogyakarta, Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II Bali, PJN II Jawa Timur, dan Pusat Litbang Jalan dan Jembatan-Bandung.

Foto Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik PUPR

Pelaksanaan Konsultasi Pengolahan Data Geospasial dan Statistik bidang PUPR menghadirkan 1 orang narasumber yaitu Kepala Balai Pemetaan dan Informasi Infrastruktur, dengan judul paparan: Penyusunan Informasi Geospasial Tematik (IGT) Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Rangka Percepatan Kebijakan Satu Peta.

Untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman materi pada Konsultasi Pengolahan Data Geospasial dan Statistik bidang PUPR dilaksanakan praktikum yang dibimbing oleh 1 (satu) orang Instruktur yang dibantu 1 (satu) orang asisten dari Balai Pemetaan Pemetaan dan Informasi Infrastruktur, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Materi yang diajarkan dalam Konsultasi Teknis Pengelolaan Data Spasial dan Statistik Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meliputi materi dasar, materi inti dan materi penunjang yang meliputi:

  • Teknik Fotogrametri dan UAV
  • Praktik Pengambilan Foto Udara dengan Menggunakan UAV
  • Pengolahan Data UAV
  • Pengolahan dan Tampilan Data UAV
  • Geovisualisasi 3 Dimensi
  • Layouting Data UAV
  • Pembuatan Kontur dari Data UAV

Foto Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik PUPR

Dari kegiatan ini diharapkan dapat ditingkatkan kemampuan sumber daya manusia atau staf teknis pengelola data dan informasi geospasial dan statistik sebagai produsen data dalam mengolah data  dengan teknik yang telah diajarkan sehingga data dan informasi dapat dibuat atau diproduksi oleh unit-unit kerja peserta selaku produsen data, serta dapat disampaikan kepada walidata dengan lebih cepat dan akurat.

Agar penyelenggaraan Konsultasi Teknis lebih dapat bermanfaat bagi peserta dalam meningkatkan kemampuan serta menambah pengetahuan tentang teknik pemetaan dan informasi geografis, khususnya mengenai pelayanan informasi peta tematik dan sistem informasi geografis bidang PUPR, perlu adanya peningkatan serta kerjasama yang lebih intensif antara Pusat Data dan Teknologi Informasi dengan Unit-unit Kerja di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat maupun dengan Instansi terkait lainnya. Di samping itu perlu adanya peningkatan kualitas penyelenggaraan serta dukungan prasarana dan sarana yang lebih memadai dalam melaksanakan kegiatan konsultasi teknis.

Foto Kegiatan Konsultasi Teknis Pengolahan Data Geospasial dan Statistik PUPR

Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan yang telah dilakukan, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain:

  1. Untuk memudahkan peserta dalam melakukan aktifitas belajar dan berlatih, penyediaan fasilitas ruang belajar yang cukup memadai dan sesuai dengan jumlah peserta sangat diperlukan.
  2. Agar proses penyerapan materi (transfer knowledge) dapat lebih efektif, maka alokasi waktu serta sarana pelatihan perlu lebih di perhatikan agar dapat memenuhi kebutuhan.
  3. Guna menjaga kesinambungan peningkatan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia yang ada, perlu diagendakan konsultasi teknis yang terstruktur dan berkelanjutan, akan lebih baik lagi jika berjenjang.

Secara umum Konsultasi Pengolahan Data Geospasial dan Statistik Bidang PUPR  berjalan dengan baik dan sesuai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan. Sebagaimana hasil pemantauan tim pelaksana, materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik serta menambah pengetahuan para peserta, sedangkan jika dilihat dari kuesioner yang telah disampaikan, sebagian besar peserta menyatakan bahwa kegiatan konsultasi ini sangat bermanfaat dalam menunjang pelaksanaan tugas-tugasnya. (Anum Kurniawan).