Slide 1

Berita Pusdatin > Konsolidasi Produksi Informasi Audio Visual untuk Pelayanan Komunikasi dan Informasi Publik yang Lebih Baik


Senin, 17 Desember 2018, Dilihat 114 kali

Foto Bersama Narasumber, Pejabat, staf dan Peserta Konsolidasi Produksi Informasi Audio Visual (Foto : Ilham Rosyada)

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2015 tentang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, salah satu fungsi Sekretariat Jenderal adalah pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi hubungan masyarakat dan dokumentasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam rangka menjalankan tugas sebagai instansi pemerintah/badan publik, Kementerian PUPR juga harus memberikan informasi/menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap badan publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu.

Sebagai unit pelaksana teknis, Balai Produksi dan Informasi Audio Visual atau biasa dikenal BPIAV, sesuai dengan peraturan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20/PRT/M/2016, mempunyai tugas melaksanakan produksi dan pengelolaan informasi audio visual serta peningkatan sumber daya pelayanan komunikasi dan informasi publik bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hal ini disampaikan oleh Ir. Boediharto Gawan Soesetyo, MT, sebagai Kepala Balai, di bawah Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Pengelolaan Galeri Informasi Infrastruktur bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh BPIAV merupakan salah satu kegiatan swakelola yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat yang dipublikasikan melalui pemanfaatan ruang publik di bawah koordinasi Pusat Data dan Teknologi Informasi, terkait penyelenggaraan tugas Kementerian PUPR. Selain itu, juga untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Balai Produksi dan Informasi Audio Visual yaitu layanan jasa pembuatan video dokumenter/film pendek tentang Infrastruktur bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sejalan dengan hal itu, Balai Produksi dan Informasi Audio Visual menggelar kegiatan Konsolidasi Produk Informasi Audio Visual 2018, yang dilaksanakan pada Kamis 29 November 2018, bertempat di Hotel Mercure Bandung City Centre, JL. Lengkong Besar Bandung, Jawa Barat.

 

Narasumber Dipandu oleh Moderator Saat Menyampaikan Materi kepada Peserta Konsolidasi
(Foto : Sholahuddin Zakaria)

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara swakelola, dengan pelaksana kegiatan adalah pejabat dan staf di Balai Produksi dan Informasi Audio Visual, khususnya yang bertugas dalam menangani pengelolaan data dan informasi audio visual. Kegiatan tersebut dipandu oleh 2 moderator yaitu Ali Murtadho, S.Sos, M.Si dan Puguh Miswantoro, ST yang menghadirkan narasumber ahli serta berpengalaman di bidang produksi audio visual asal Yogyakarta yaitu Luhki Herwanayogi dan M. Abdurrahman Agosto.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berupa penyampaian materi oleh narasumber kepada peserta konsolidasi dan juga tanya jawab serta diskusi mengenai hasil film produksi BPIAV yang diputar setelah penyampaian materi oleh para Narasumber. Konsolidasi ini diikuti sebanyak 22 peserta yaitu dari pihak internal Kementerian PUPR sebanyak 11 unit organisasi yaitu Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Bina Marga, Ditjen Cipta Karya, Ditjen Penyediaan Perumahan, Ditjen Pembiayaan Perumahan, Ditjen Bina Konstruksi, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengembangan SDM, Badan Penelitian dan Pengembangan,  Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal. Setiap unit organisasi mengirimkan 2 orang untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Abdul Azis, SH, MT, selaku Kepala Seksi Galeri Informasi, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Konsolidasi Produksi Informasi Audio Visual adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM pejabat dan staf di lingkungan Kementerian PUPR serta memberikan manfaat masyarakat secara luas pada umumnya. Karena masyarakat nantinya dapat memperoleh informasi mengenai program-program pembangunan pemerintah baik yang telah selesai, sedang berlangsung, maupun sedang dalam perencanaan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui hasil produksi film dari Balai Produksi dan Informasi Audio Visual. (Sholahuddin Zakaria)