Slide 1

Berita Pusdatin > Portal Intranet Sebagai Sarana Komunikasi dan Penyebaran Informasi bagi Pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat


Selasa, 18 Desember 2018, Dilihat 444 kali

Seiring dengan perkembangan pemanfaatan  teknologi informasi di lingkungan kerja, maka perlu dilakukan peningkatan fitur Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan adanya masukan dari unit-unit kerja di Kementerian PUPR, kebutuhan informasi bagi internal Kementerian PUPR dapat lebih jelas dan sesuai dengan masukan dari para peserta pada kegiatan peningkatan Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan. Acara Konsolidasi Peningkatan Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini dilaksanakan pada akhir November tahun 2018 di Kota Surabaya. Konsolidasi ini merupakan sarana untuk memperkenalkan Portal Intranet Kementerian PUPR ini kepada pegawai di Kementerian PUPR.

Acara konsolidasi diawali dengan pembukaan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Bapak Dr. Ir. Ignatius Wing Kusbimanto, M.Eng.Sc. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Portal Intranet merupakan sarana penyebaran informasi yang bersifat terbatas, hanya untuk internal pegawai Kementerian PUPR. Portal Intranet Kementerian PUPR untuk menampilkan informasi sesuai kebutuhan internal Kementerian PUPR. Dalam sambutannya, Kepala Pusdatin juga mengharapkan masukan dari peserta Konsolidasi untuk pengembangan Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di masa mendatang.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdatin, Narasumber Tenaga Ahli Peningkatan Portal Intranet Kementerian PUPR menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Perlu adanya peningkatan fitur komunikasi, sosialisasi, distribusi data, dan informasi umum yang dibutuhkan oleh internal pegawai sehingga Portal Intranet Kementerian PUPR dapat memberikan kemudahan komunikasi, interaksi, penyampaian informasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  2. Adanya integrasi melalui Single Sign ON (SSO), menjadikan Portal Intranet sebagai aplikasi internal yang dapat mengintegrasikan beberapa aplikasi yang bersifat umum di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sesi berikutnya dalam konsolidasi ini adalah diskusi penamaan Portal Intranet Kementerian PUPR. Dengan dilatarbelakangi dengan kemungkinan nama Portal Intranet menjadi rancu dengan Jaringan Intranet sebagai jaringan infrastruktur internal Kementerian PUPR, maka dibutuhkan pemberian nama baru untuk Aplikasi Portal Intranet Kementerian PUPR agar aplikasi ini mempunyai ciri khas sebagai portal informasi pegawai Kementerian PUPR. Alternatif penamaan yang disampaikan kepada peserta konsolidasi adalah :

  1. PORTAL INTRANET KEMENTERIAN PUPR (PIK – PUPR) yang tetap menggunakan istilah “Intranet”, tetapi diperjelas menjadi “Portal Intranet” untuk membedakan dengan jaringan intranet.
  2. PUPR CENTER yang Merepresentasikan bahwa Aplikasi ini merupakan PUSAT informasi dan komunikasi bagi Kementerian PUPR
  3. SISTEM INFORMASI INTERNAL PUPR (SII -PUPR) yang Memperjelas bahwa aplikasi ini merupakan sistem informasi bagi INTERNAL Kementerian PUPR.

Peserta Konsolidasi Peningkatan Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat secara antusias memberikan masukan mengenai penamaan bagi Portal Intranet Kementerian PUPR. Diantara usulan nama tersebut yang menjadi pilihan mayoritas peserta adalah myPUPR, e-Portal PUPR, Sistem Data Terintegrasi PUPR (SIDATIN-PUPR), Portal Intranet PUPR (PoInt PUPR), e-ASN PUPR , dan e-PUPR.

Acara dilanjutkan dengan Uji Coba Penggunaan Portal Intranet Kementerian PUPR yang dipandu oleh narasumber dari Subbidang Penyelenggaraan Portal Web dengan mengajak peserta konsolidasi untuk mencoba berbagai fitur yang ada di Portal Intranet Kementerian PUPR. Dalam sesi uji coba ini, terdapat saran penyempurnaan dari peserta konsolidasi terhadap fitur – fitur Portal Intranet Kementerian PUPR.

Rangkaian acara diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan Portal Web, yang menyampaikan terimakasih atas antusiasme seluruh peserta terhadap rangkaian acara Konsolidasi Peningkatan Portal Intranet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan berharap agar Portal Intranet dapat bermanfaat bagi pegawai di lingkungan Kementerian PUPR. [DS]