Slide 1

Berita Pusdatin > Konsolidasi Peningkatan Portal Web dan Intranet Kementerian PUPR


Jumat, 04 Januari 2019, Dilihat 55 kali

Gambar 1 Konsolidasi Peningkatan Portal Web dan Intranet Kementerian PUPR

Kementerian PUPR melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyelenggarakan Kegiatan Konsolidasi Peningkatan Portal Web dan Intranet Kementerian PUPR. Pada konsolidasi kali ini sekaligus disampaikan penghargaan utnuk tata kelola terbaik Web Unor dan Unker melalui Lomba Konten dan Tata Kelola (Kotak) Website 2018 yang  telah dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2018, bertempat di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Kegiatan konsultasi ini diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia Bapak Supram. Kegiatan konsultasi ini diikuti oleh 60 orang peserta, yang berasal dari Biro Perencanaan Anggaran dan Kerjasama Luar Negeri, Biro Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, Biro Keuangan, Biro Umum,  Biro Hukum, Biro Komunikasi Publik, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Balai Produksi Audio Visual, Sekretariat Dewan Korpri, Sekretariat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air, Balai Wilayah Sungai V, Balai Wilayah Sungai VII, Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan,  Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Jakarta, Balai Besar Pelaksanaan Jalan VIII Surabaya, Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman, Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya, Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan, Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Direktorat Perencanaan Pembiayaan Perumahan, Direktorat Bina Sistem Pembiayaan Perumahan Ditjen Pembiayaan Perumahan, Sekretariat Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Pusat Perencanaan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum dan Tim Baba Studio.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Dalam paparannya, Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi menyampaikan bahwa konsultasi ini sekaligus sebagai penghargaan terhadap lomba konten dan Tata Kelola (KOTAK) Website 2018 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari masing-masing portal website unit kerja dan unit organisasi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, baik di pusat maupun di daerah.

Gambar 2 Pembukaan Konsolidasi Peningkatan Portal Web dan Intranet Kementerian PUPR

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk melihat kelebihan dan kekurangan website dan pengelolaannya, stimulus untuk menyadari pentingnya kerjasama tim lintas unit kerja dalam mengelola konten serta sebagai sarana saling belajar, saling memberi contoh, saling memberi motivasi atau inspirasi untuk maju dan berkembang bersama. Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba KOTAK. Berikut ini para pemenang penghargaan lomba KOTAK 2018:

 

Kategori Unit Organisasi

Kategori Unit Kerja

Terbaik I

BPSDM

Direktorat Rumah Umum Komersial, Ditjen Penyediaan Perumahan

Terbaik II

Sekretariat Jenderal

BWS Sumatera V, Ditjen Sumber Daya Air

Terbaik III

Ditjen Cipta Karya

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI, Ditjen Bina Marga

Peningkatan Kinerja Terbaik

Ditjen Cipta Karya

Pusat Perencanaan Infrastruktur PUPR, BPIW

 

Gambar 3 Pemenang Penghargaan Lomba KOTAK 2018

Acara dilanjutkan dengan paparan mengenai hasil penilaian lomba KOTAK yang disampaikan oleh narasumber Bapak Zeembry dari Baba Studio yang membahas tentang kriteria penilaian lomba KOTAK Website 2018.

Acara dilanjutkan dengan paparan oleh para pemenang lomba, diawali oleh pemenang lomba kategori unit organisasi yaitu Bapak Yunaldi selaku Kepala Bagian Data dan Informasi, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Beliau menyampaikan materi Pengelolaan Website BPSDM meliputi: Penguatan SDM Pengelola Website, Updating SOP Website, dan Fokus pada Kategori Penilaian Website. Paparan selanjutnya dibawakan oleh pemenang terbaik kategori unit kerja, Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan, dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Firdaus selaku Kepala Seksi Data, Evaluasi dan Pelaporan, Subdirektorat Perencanaan Teknik dan Evaluasi, Direktorat Rumah Umum dan Komersial dengan materi Tata Kelola Konten Website Direktorat Rumah Umum dan Komersial yang membahas mengenai ketelitian dan kerjasama tim sebagai tips untuk mengelola website sehingga bisa menjadi yang terbaik diseluruh unit kerja  Kementerian PUPR.

Gambar 4 Paparan oleh Para Pemenang Lomba

Acara dilanjutkan dengan Pengenalan Portal Intranet Kementerian PUPR oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan Portal Web, Ibu Dewi Indriyati. Beliau menyampaikan mengenai pengertian dari Portal Intranet PUPR, Konsep dan Fitur-fitur Portal Intranet PUPR, diakhiri dengan diskusi Penamaan Portal Intranet PUPR.

Gambar 5 Pengenalan Portal Intranet Kementerian PUPR

Diskusi dan Tanya Jawab sepanjang acara terlihat sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan dan masukan yang disampaikan sampai dengan di penghujung acara. Acara ditutup oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang menyampaikan terimakasih atas antusiasme seluruh peserta terhadap rangkaian acara ini dan berharap agar Portal Web maupun Intranet dapat bermanfaat bagi pegawai di lingkungan Kementerian PUPR dan masyarakat Indonesia pada umumnya. (Hanung Febrianto)