Slide 1

Berita Pusdatin > Penyelenggaraan Kegiatan Konsultasi Teknis Penyusunan Peta Jalan Daerah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Kebijakan Satu Peta Tahap II


Jumat, 20 September 2019, Dilihat 93 kali

Surabaya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Sekretariat Jenderal, Pusat Data dan Teknologi Informasi menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Teknis Penyusunan Jalan Daerah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Kebijakan Satu Peta Tahap II di Hotel JW Marriot, Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 28 – 30 Agustus 2019.

Acara Konsultasi Teknis Penyusunan Jalan Daerah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Kebijakan Satu Peta Tahap II dibuka oleh sambutan Sekretaris Jenderal yang dibacakan Kepala Bidang Data dan Peta Informasi Infrastruktur, Yohanes Richwanto. Dalam sambutan disampaikan pentingnya kegiatan ini untuk penyediaan data dan informasi geospasial infrastruktur bidang PUPR yang valid untuk mendukung kebijakan satu peta, yang meliputi Informasi Geospasial Tematik (IGT) Jalan Provinsi/Kabupaten/Kota dengan skala 1:50.000 yang belum dapat diintegrasikan hingga saat ini.

Pada pembukaan Konsultasi Teknis Penyusunan Jalan Daerah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Kebijakan Satu Peta Tahap II ini, Ketua Panitia Kegiatan, Komang Sri Hartini menyampaikan “Hasil capaian kompilasi dan verifikasi IGT Jalan Daerah sebesar 1,11% pada Tahun 2018. Setelah dilakukan 6 (enam) gelombang Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah didapatkan capaian sebesar 1,29% dan setelah dilakukan Konsultasi Teknis tahap pertama oleh Pusat Data dan Informasi Teknologi didapatkan capaian sebesar 2,03% pada Kelompok I. Data yang masuk Kelompok I berarti data yang siap untuk diverifikasi oleh Tim Sekretariat Percepatan Kebijakan Satu Peta.” Surabaya, Rabu, (28/8/2019)

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Daerah, Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah, Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dedy Gunawan menyampaikan bahwa salah satu manfaat one map policy Jalan Daerah dapat digunakan sebagai lampiran SK Rencana Umum Jaringan Jalan, SK Penetapan Fungsi dan Status Jalan, sehingga harapannya data IGT Jalan Provinsi/Kabupaten/Kota dapat lebih terintegrasi, Surabaya. Rabu, (28/8/2019)

Nicodemus Daud, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyampaikan pentingnya Kebijakan Satu Peta, Satu Data dan Satu Referensi dalam pembangunan infrastruktur. Penggunaan kode infrastruktur sebagai perwujudan  satu referensi menjadi suatu keniscayaan disamping satu data dan satu peta. Hal ini berarti bahwa setiap objek infrastruktur harus mempunyai koordinat baik yang menjadi kewenangan pusat maupun kewenangan daerah sehingga dapat dilakukan interoperabilitas data peta Kementerian/Lembaga/Daerah. Surabaya, Kamis (29/8/2019)

Kegiatan ini dihadiri oleh 123 peserta dari 70 Instansi yang diundang yaitu berasal dari perwakilan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Peserta yang hadir adalah daerah dengan data geospasial dan atribut yang masih memerlukan perbaikan atau belum memiliki data sama sekali.

Foto Bersama Peserta dengan Kapusdatin

Selanjutnya dilakukan simulasi cara penyusunan peta jalan daerah dari berbagai format data, kemudian dilanjutkan dengan pembagian tiap desk dan penjelasan mekanisme kegiatan pendampingan serta perbaikan data jalan daerah. Setelah itu peserta dibagi menjadi 5 desk dengan masing – masing instruktur/pendamping, tiap – tiap instruktur/pendamping desk memiliki tanggung jawab untuk melakukan pendampingan 14 Provinsi/Kabupaten/Kota. Setelah dilakukan pendampingan, pada hari berikutnya dilakukan verifikasi peta jalan oleh tim verifikator Pusdatin sesuai dengan standar tim Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP).

Hasil dari kegiatan ini berupa data IGT jalan daerah yang telah terverifikasi dengan hasil klasifikasi sebagai berikut: kategori 1 (sudah baik) sejumlah 5 kabupaten/kota, kategori 2 (perlu melakukan sedikit perbaikan data atribut) sejumlah 2 kabupaten/kota, kategori 3 (perlu melakukan perbaikan data geospasial dan data atribut) berjumlah 48 Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan IGT Jalan Provinsi/Kabupaten/Kota tervalidasi untuk selanjutnya dapat dilakukan verifikasi serta integrasi oleh tim PKSP.

Pelaksanaan kegiatan Konsultasi Teknis Penyusunan Peta Jalan Daerah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Kebijakan Satu Peta Tahap III akan diselenggarakan pada akhir September 2019.(irghan santiz )