Slide 1

Bidang Data Informasi Tanggap Bencana


Rabu , 25 Jan 2017 Email PDF Print

Bidang Data dan Informasi Tanggap Bencana mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan penyiapan data dan informasi bencana, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, kerusakan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat hingga pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi serta mengkoordinasikan aktifitas pelaksanaan pada masa tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Bidang Data dan Informasi Tanggap Bencana menyelenggarakan fungsi: 

  1. penyiapan informasi mengenai bencana dalam upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana;
  2. penyiapan data kerusakan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat akibat bencana;
  3. fasilitasi pelaksanaan tugas penanganan bencana pada lingkup infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat;
  4. koordinasi tata kelola penanganan dan pengendalian  pelaksanaan tanggap darurat hingga pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat; dan
  5. penyiapan laporan pelaksanaan tanggap darurat hingga pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

 

 Bidang Data dan Informasi Tanggap Bencana terdiri atas: 

a.    Subbidang Mitigasi Bencana

Subbidang Mitigasi Bencana mempunyai tugas menyiapkan data dan sistem informasi kebencanaan dalam rangka upaya meningkatkan ketahanan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat, menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria dalam pelaksanaan penyampaian data dan informasi kebencanaan, melakukan koordinasi pengendalian terhadap bangunan tahan bencana, upaya kesiapsiagaan pada daerah rentan bencana dalam upaya pengurangan dampak terhadap kejadian bencana dan dengan kementerian/lembaga terkait.

b.    Subbidang Tanggap Darurat

Subbidang Tanggap Darurat mempunyai tugas pembinaan, pengelolaan data dan informasi kerusakan infrastruktur akibat bencana, menyiapkan norma, standar, prosedur, dan kriteria pengelolaan data tanggap darurat serta menyiapkan perangkat penanganan tanggap darurat, memfasilitasi pembentukan tim penanganan bencana, melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan aktivitas pelaksanaan lapangan pada masa tanggap darurat infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

c.    Subbidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Subbidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas pembinaan, pengelolaan data dan informasi pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan infrastruktur akibat bencana, menyiapkan norma, standar, prosedur, dan kriteria pengelolaan data pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi serta melakukan koordinasi aktivitas pelaksanaan lapangan pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat.